Jumat, 13 November 2009

Tutorial Land Desktop & Civil Design : Cul De Sacs
(Jalan dalam Langkah : Darius Puas)


CUL DE SACS


Diminta oleh : Febrino Viansyah


CulDeSacs adalah sebuah bentuk pembuntuan (dead end) dari ruas jalan yang mempunyai area untuk melakukan putaran. Perintah CulDeSacs dari Menu Layout dalam Menu Pallets Civil Design 2005, akan membuat horizontal geometric secara otomatis dengan memasukan nilai Offsets dan Radius, CulDeSacs sendiri dalam Civil Design terdiri dari tiga bentuk umum, yakni : Lingkaran, Hammer Head (Kepala Palu), dan Teardrop (Tetes Air). Sedangkan untuk jenis Akhir Alignment, dapat dibagi 2 bagian yakni Tangent (Garis) dan Curve (Kurva). Perintah CulDeSacs tidak dapat berfungsi jika Center Of Road dari Alignment adalah Polylines, jadi jika center of road dari alignment anda adalah polylines maka hapus polylines tersebut kemudian import alignment tersebut kembali kedalam gambar sehingga Anda mendapatkan Center Of Road dari alignment Anda adalah kombinasi dari Line dan Curve.



LAYOUT > CUL DE SACS > EDIT SETTINGS….



  • Dalam CulDeSacs Radii, gunakan radius Outer dan Inner untuk mengontrol besar dari gelembung CulDeSacs. Radius dari Inner CulDeSacs harus lebih besar dari total jarak antara Inner Offset, dan harus lebih kecil dari nilai offset berikutnya, misalnya untuk Inner, Sidewalk, Shoulder maupun Row.
  • Anda dapat menghidupkan offset CulDeSacs yang lain jika dibutuhkan (Inner, Sidewalk, Shoulder maupun Row).
  • Layer : Nama Layer dari tiap offset CulDeSacs harus sama (Match) dengan nama layer dari offset alignment anda. Sesuaikan, jika anda mengimbuhkan nama ruas/alignment untuk nama layer offset alignment Anda.
  • Radius untuk tiap offset dari CulDeSacs adalah nilai Radius dari lengkungan Fillet antara offset alignment dengan offset CulDeSacs.
  • Distance : Adalah jarak total dari center CulDeSacs hingga pada offset CuldeSacs yang bersangkuan, secara umum jarak dari offset CuldeSacs biasanya dua kali lipat atau lebih dari jarak offset alignment untuk tiap offset yang bersangkutan.


CUL DE SACS UJUNG TANGENT
LAYOUT > CUL DE SACS > STANDARD TANGENT



CUL DE SACS UJUNG KURVA
LAYOUT > CUL DE SACS > STANDARD CURVE




CUL DE SACS ANTAR TANGENT
LAYOUT > CUL DE SACS > BEND





Tangent ataupun kurva yang menjadi acuan dari pembuatan CulDeSacs harus lebih panjang dari diameter CulDeSacs yang direncanakan.


SYNTAX PESAN & SOLUSI
  • Radius In dan Out dari CulDeSacs terlalu besar, pesan = “No Entity Found”
  • == Seting kembali Radius dari CulDeSacs ===
  • Desain dari Edit Setting CulDeSacs tidak sesuai (match) dengan jarak offset Alignment yang telah tergambar , pesan = “No Entity Found”
  • ===Perbaiki data offset bisa, data dari CulDeSacs atau data offset dari Alignment, sehingga saling sesuai===
  • Tangent atau Kurva terpilih terlalu pendek untuk diikat oleh radius dari CulDeSacs, Pesan = “No Entity Found”
  • ===Memperpanjang Tangent atau Kurva acuan, atau dapat juga memperkecil desain radius CulDesacs===
  • Besarnya CulDeSacs tidak tertampung pada layar monitor (Zoom-nya terlalu besar) Pesan = “No Entity Found”
  • ===Zoom out bidang gambar hingga kira – kira seluruh besaran CulDeSacs dapat tertampung===
  • Type garis yang dipakai adalah non Continous (Dashed, Centre dll) akan menimbulkan masalah ketika tangensial dari garis desain jatuh pada space antara garis, dalam kondisi ini perintah akan gagal.
  • ===Gunakan Continous Line Type.===
  • Anda menggunakan Polylines dalam membuat Alignment, Pesan = “Entity Selected is POLYLINE, must be aline”
  • ===Hapus polyline yang ada, kemudian gunakan perintah Alignment Import untuk membentuk Center Line dari Alignment dengan Line dan Arcs===



CUL DE SACS TETES AIR
LAYOUT > CUL DE SACS > TEARDROP



Dengan beberapa konsep Cul De Sacs yang ada, dapatkah anda membayangkan sendiri bagaimana Cul De Sacs Hammerhead (Kepala Palu) dibuat?





2 komentar: